manajemen operasioanal CARA MENYUSUN STRATEGI PEMASARAN

Strategi merupakan suatu langkah untuk menyusun rencana kegiatan yang dilakukan secara sengaja yang dapat menciptakan dan menyusun keunggulan bersaing. Strategi operasional merupakan sebuah komitmen terhadap seluruh aktivitas yang telah direncanakan dan yang berada di dalam perusahaan. Strategi operasional terkait dengan aktivitas yang akan dijalankan oleh manajer operasional dengan memaksimalkan sebaik mungkin semua sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Kita bisa menentukan indikator dari sebuah strategi operasional, yaitu;
 
1. komitmen terhadap aktivitas yang ada di dalam perusahaan,
 
2. keadaan perusahaan yang ada saat ini dan yang masih direncanakan,
 
3. proses tranformasi, yaitu aktivitas organisasi bisa menjadikan masukan sebagai nilai tambah,

4. kompetensi yang unik, yaitu kemampuan spesifik perusahaan dalam memberikan nilai tambah. 


Dalam menyusun dan mengimplementasikan strategi, beberapa alternatif pandangan atau perspektif dapat digunakan. Pandangan pertama adalah pandangan mengenai sumber daya (resources view). Pandangan mengenai sumber daya merupakan metode yang digunakan manajer untuk mengelola dan mencapai keunggulan bersaing. Pandangan kedua adalah analisis rantai nilai (value-chain analysis). Analisis rantai nilai ini digunakan untuk mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang menunjukkan kekuatan dan kesempatan untuk mengembangkan keunggulan bersaing. Setiap strategi organisasi adalah unik sehingga perlu disusun model pemilihan strategi. Perubahan strategi secara signifikan dapat mengikuti siklus hidup produk yang meliputi fase pengenalan, pertumbuhan, kedewasaan, dan penurunan
 a. Fase pengenalan merupakan periode terbaik dalam meningkatkan pangsa pasar sehingga penelitian dan pengembangan perlu dilakukan selama fase tersebut.
 b. Fase pertumbuhan ditandai dengan perubahan harga atau kualitas dan pada umumnya perusahaan memperkuat posisinya. Pada fase pertumbuhan ini, strategi operasional yang dilaksanakan adalah melakukan peramalan permintaan, meningkatkan kapasitas, meningkatkan keandalan produk dan proses, meningkatkan distribusi, serta memperbaiki posisi produk untuk tetap memenangkan persaingan.
 c. Fase kedewasaan pada umumnya merupakan fase yang buruk untuk mengubah citra, harga, dan kualitas. Pada fase ini, biaya persaingan merupakan hal penting sehingga perusahaan berusaha mempertahankan posisi pasarnya.
 d. Fase penurunan merupakan fase pengendalian biaya. Fase ini sebaiknya dihindari dalam siklus hidup produk sehingga pada saat memasuki fase kedewasaan perusahaan harus segera mengenalkan produk baru agar pelanggan tetap loyal terhadap merek dan perusahaan.

 Dalam menyusun strategi, diperlukan analisis internal yang menganalisis kekuatan dan kelemahan perusahaan, khususnya di bidang operasional dan analisis eksternal yang menganalisis kesempatan dan ancaman yang berasal dari luar perusahaan. Kesempatan yang ada tersebut harus digunakan secara optimal dengan meminimalkan ancaman lingkungan eksternal. Selain itu, perusahaan harus memaksimalkan kekuatan yang dimiliki organisasi dan meminimalkan kelemahan yang ada. Selanjutnya, strategi operasional juga memerlukan dimensi internasional. Bisnis internasional merupakan perusahaan yang terikat dalam perdagangan atau investasi internasional. Strategi internasional menggunakan cara ekspor atau lisensi untuk memasuki wilayah global. Selanjutnya, strategi multidomestik memiliki kewenangan terdesentralisasi dengan otonomi substansial pada masing-masing bisnis. Secara organisasional, terdapat anak cabang perusahaan, waralaba, atau usaha patungan dengan kemandirian secara substansial. Keunggulan strategi ini adalah memaksimalkan tanggapan pesaing terhadap pasar lokal, tetapi tidak memiliki keunggulan biaya. Sementara itu, strategi global mempunyai tingkat sentralisasi tinggi melalui koordinasi dengan kantor pusat untuk mendapatkan standardisasi dan pembelajaran di antara berbagai lokasi untuk meningkatkan skala ekonomi. Strategi ini tepat bagi perusahaan yang menekankan pada pengurangan biaya, tetapi tanggapan lokalnya tinggi. Strategi global memungkinkan perusahaan membangun perusahaan secara optimal dengan proses yang sama, kemudian memaksimumkan pembelajaran dengan komunikasi secara agresif antarperusahaan. Hasilnya adalah pengurangan biaya yang sangat efektif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "manajemen operasioanal CARA MENYUSUN STRATEGI PEMASARAN"

Posting Komentar