Faktor faktor penetapan harga dan analisis dampak ekonomi yang diakibatkan dari penetapan harga

 


1. Faktor-faktor yang harus diperhatikan pemasar saat penetapan harga, yaitu:


a. Tentukan terlebih dahulu besarnya laba yang anda inginkan


Dalam menentukan harga jual sebuah produk, kesalahan yang sering dilakukan para pemula yaitu terlalu fokus memikirkan besarnya biaya produksi tanpa memperhatikan seberapa besar laba usaha yang ingin mereka dapatkan. Hal inilah yang terkadang membuat para pemula harus mengalami kerugian cukup besar dalam mengawali sebuah usaha. Karena itu, sebelum menentukan harha jual sebuah produk, pastikan bahwa anda telah menentukan besarnya laba yang diinginkan, agar kedepannya anda juga bisa menikmati keuntungan dari bisnis yang anda jalankan.


b. Menyesuaikan dengan kemampuan konsumen


Sebelum menetapkan harga jual produk, ada baiknya bila anda menyesuaikan harga tersebut dengan kemampuan konsumen (target pasar) yang anda bidik. Bila anda membidik konsumen kelas bawah, maka pemilihan harga murah menjadi prioritas utama yang perlu anda perhatikan. Namun bila anda membidik konsumen kelas atas, mereka cenderung kurang peka terhadap harga produk yang ditawarkan, karena yang menjadi prioritas utama mereka adalah kualitas produk yang anda tawarkan. Untuk itu, lakukan survey pasar untuk mengamati kemampuan setiap konsumen.


c. Mempertimbangkan biaya produksi


Selain memikirkan besarnya laba yang diinginkan, anda yang juga mempertimbangkan biaya produksi yang dibutuhkan. Dalam hal ini tentunya tidak hanya biaya yang terlihat saja yang perlu anda hitung, beberapa biaya lain yang tak terlihat seperti biaya sewa tempat, biaya transportasi (bensin), biaya promosi produk (brosur, kartu nama, internet, dan lain-lain), perlu anda perhatikan agar hasil kerja keras anda tidak mendapatkan kerugian semata.


d. Memperhatikan harga jual competitor


Terkadang competitor menjadi alat ukur yang cukup efektif untuk menentukan harga jual produk. Anda bisa membandingkan harga jual produk pesaing yang sebanding. Apabila produk yang anda tawarkan memiliki nilai jual yang lebih tinggi, maka tidak ada salahnya bila anda memasarkan produk tersebut dengan harga jual yang lebih mahal.


e. Awasi pergerakan harga di pasaran


Setelah melakukan launching produk ke pasaran, langkah berikutnya yang perlu anda perhatikan yaitu memonitoring pergerakan harga secara berkelanjutan. Strategi ini penting karena setiap harinya harga bahan baku di pasaran juga mengalami pasang surut perubahan harga. Jadi, sebagai seorang pelaku usaha anda juga harus jeli melihat perkembangan pasar dan pintar-pintar menyiasati keadaan. Apabila kondisinya memang sudah tidak bisa diakali lagi, maka keptusan untuk menaikkan harga jual menjadi salah satu alternatif yang perlu anda ambil.


2. Dampak ekonomi yang diakibatkan oleh strategi penetapan harga yang dilakukan oleh perusahaan


Pihak manajer perusahaan harus menentukan harga yang sesuai di pasaran tetapi perusahaan tidak akan mengalami kerugian karena penetapan harga. Manajer harus benar-benar teliti dalam menentukan harga dan harus ditinjau dari segala faktor dalam menentukan harga. Jika harga yang ditentukan manajer terlalu tinngi maka perusahaan akan mengalami kerugian karena kalah saing dengan kompetitor. Maka dari itu manajer harus benar-benar bertanggungjawab dalam menentukan harga. Jika harga di pasaran tinggi maka daya beli beli masyarakat menurun.


(Sumber: BMP EKMA4216/Modul 7)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor faktor penetapan harga dan analisis dampak ekonomi yang diakibatkan dari penetapan harga"

Posting Komentar