Jelaskan pengetian dari positioning pemosisian dan jelaskan bagaimana cara untuk mencapainya Analisis proses pemosisian yang dilakukan oleh merek berikut Whatsapp Twitter dan Coca Cola

 


  1. Jelaskan pengetian dari positioning (pemosisian) dan jelaskan bagaimana cara untuk mencapainya.
  2. Analisis proses pemosisian yang dilakukan oleh merek berikut: Whatsapp, Twitter, dan Coca-Cola.
JAWABAN

1.istilah pemosisian produk(product positioning) ini merupakan gabungan antara pembedaan produk dengan segmentasi pasar.pemosisian produk lebih menitikberatkan pada persepsi dab preferensi pembeli mengenai suatu produk atau merkyang ada di pasar tertentu.menurut Ferrel dan Hartkine(2008,p.2002),pemosisian produk adalah pembentukan citra mentaltawaran produk dan pembedaan fiturnya di benak pasar,sasaran dpat juga pemosisian diartikan sebagai penempatan sebuah merk dibagian dari suatu pasar dimana merk tersebut akan mendapatkan sambutan positif dibanding produk - produk saingan.
Cara untuk mencapainya adalah dengan cara perusahaan harus berusaha membuat produk lebih menonjol daro produk saingan dan membuatnya lebih menarik pembeli.hal ini dapat melibatkan adanya perubahan penting pada barang itu sendiri atau perubahan pada bungkus,harga,merk,promosi ataupun aspek pemasaran lain yang dapat mempengaruhi persesi komsumen.jadi untuk melakukan pemosisian ,perusahaan menggunakan variabel-variabel bauran pemasaran,khususnya disain dan komunikasi.



2.Analisis proses pemosisian yang dilakukan oleh merek  Whatsapp, Twitter, dan Coca-Cola adalah dengn peluasan merk,disini perusahaan bukannya pindah ke segmen yang baru tetapi menambah merk baru pada segmen lama sehingga ada lebih dari satu merk yang di posisikan pada suatu segmen yang sama.strategi seperti ini juga disebut strategi pemosisian merk ganda.alasan-alasan yang melatarbelakangi ditempuhnya strategi tersebut adalah sebagai berikut:
A.perusahaan menginginkan pertumbuhan dengan menawarkan produk-produk yang bervariasi disegmen-segmen yang berbeda.
B.perusahaan ingin menghindari ancaman-ancaman saingan yang ditujukan ke merk tunggal.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Jelaskan pengetian dari positioning pemosisian dan jelaskan bagaimana cara untuk mencapainya Analisis proses pemosisian yang dilakukan oleh merek berikut Whatsapp Twitter dan Coca Cola"