Sebutkan Hubungan Teknologi dan rancangan bagianorganisasi dilihat secara rutin ?

Sebutkan Hubungan Teknologi dan rancangan bagianorganisasi dilihat secara rutin ?

 

jawaban ;💪

Walaupun tidak terbukti bahwa teknologi mampu mempengaruhi sifat dari berbagai karkateristik ini, tetapi ternyata memang terlihat adanya pola tertentu dalam hubungan antara teknologi dengan berbagai karkteristik ini, tetapi ternyata memang terlihat adanya pola tertentu dalam hubungan antara teknologi dengan berbagai karakteristik lain tersebut. Hubungan tersebut tampak lebih jelas jika dilihat berdasarkan rutin atau tidaknya teknologi organisasi, yaitu sebagai berikut.
1) Organisasi organic dan mekanistik
Hubungan yang paling erat terjadi antara teknologi dengan sifat organic ataupun mekanistik suatu organisasi. Organisasi dengan teknologi rutin sering kali bersifat mekanistik, sedangkan organisasi dengan teknologi tidak rutin kebanyakan bersifat organic. Peraturan peraturan yang ketat, yang biasanya dijalankan dengan sentralisasi yang tinggi, biasanya digunakan pada organisasi dengan teknologi yang rutin. Sedangkan organisasi dengan teknologi tidak rutin memerlukan bentuk yang fleksibel, yang bersifat organic. Perbedaan ini mudah terlihat dan dapat diamati hanya dengan memerhatikan organisasi secara sederhana. Selain itu, suasana, cara berpakaian, kebiasaan-kebiasaan dalam bekerja, seluruhnya bias dilihat mempunyai hubungan dengan jenis teknologi suatu organisasi.
2) Kualifikasi karyawan
Pada organisasi yang bersifat rutin, umumnya tidak diperlukan karyawan dengan pendidikan maupun pengalaman yang telalu tinggi. Hal ini sesuai dengan sifat pekerjaan yang rutin, dimana pekerjaan dilakukan secara berulang-ulang dengan cara yang sama. Pada bagian, dimana terdapat kegiatan-kegiatan yang bervariasi, diperlukan karyawan dengan kualifikasi yang lebih tinggi. Latihan untuk karyawan yang menangani teknologi craft umumnya lebih mudah dilakukan lewat pengalaman langsung ditempat bekerja karena pada jenis teknologi ini sulit untuk diuraikan maupun dianalisis. Sementara itu, kegiatan non-rutin pada umumnya membutuhkan karyawan dengan pendidikan serta latihan lebih tinggi.
3) Struktur formal
Teknologi rutin umumnya menuntut adanya standardisasi yang ekstentif, pembagian pekerjaan menjadi tugas-tugas berukuran kecil yang sederhana, dan formalisasi. Untuk pekerjaan yang tidak terlalu rutin, struktur menjadi kurang formal, dengan standardisasi yang rendah. Jika variasi tugas cukup tinggi maka akan banyak kegiatan dalam organisasi yang tidak tercakup dalam aturan-aturan yang resmi.
4) Rentang kendali
Rentang kendali diartikan sebagai jumlah karyawan yang dipimpin oleh seorang mandor ataupun oleh seorang pimpinan dalam suatu organisasi. Rentang kendali besarnya dipengaruhi oleh rumitnya kegiatan dan juga tingkat profesionalisme karyawan dalam organisasi. Jika pekerjaan lebih rumit dan kegiatan yang dilakukan bersifat tidak rutin, biasanya organisasi akan menghadapi lebih banyak masalah, dimana mandor ataupun atasan lainnya terpaksa melibatkan diri untuk membantu bawahan menyelesaikannya.
5) Desentralisasi, kewenangan, dan kebebasan mengambil keputusan
Pada teknologi rutin, bawahan umumnya tidak mempunyai kewenangan maupun kebebasan untuk mengambil keputusan karena adanya sentralisasi yang tinggi dalam organisasi. Pada teknologi engineering, karyawan yang telah mempunyai keahlian teknis mempunyai kewenangan serta kebebasan mengambil keputusan yang agak besar karena pengetahuan maupun keahlian teknis sangat penting untuk menyelesaikan tugas dengan baik.
6) Komunikasi
Frekuensi maupun intensitas komunikasi akan meningkat jika variasi tugas bertambah tinggi karena jenis teknologi ini umumnya menyebabkan pekerjaan mempunyai banyak permasalahan dan menuntut adanya pertukaran informasi secara lebih insentif untuk menyelesaikannya.
7) Koordinasi dan control
Bentuk koordinasi dan control mengikuti pola yang serupa dengan bentuk komunikasi. Pada teknologi non-rutin, bawahan ikut dalam pepngambilan keputusan maupun dalam pertemuan-pertemuan kelompok yang sifatnya horizontal. Pada bagian yang kegiatannya rutin, koordinasi dan control umumnya bersifat vertikal.
8) Focus perhatian
Pada teknologi rutin, kegiatan bersifat standard an rutin sehingga perhatian dapat dipusatkan pada peningkatan efisiensi maupun jumlah output. Pada teknologi engineering perhatian utama umumnya dipusatkan pada keandalan produk yang dihasilkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebutkan Hubungan Teknologi dan rancangan bagianorganisasi dilihat secara rutin ?"

Posting Komentar