Jelaskan apa upaya yang dilakukan pemerintah dalam menjaga stabilitas inflasi Sertakan contoh apa yang Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari guna mendukung pemerintah


Jelaskan apa upaya yang dilakukan pemerintah dalam menjaga stabilitas inflasi. Sertakan contoh apa yang Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari guna mendukung pemerintah.

JAWABAN;

a.kebijakan fisikal

Kebijakan fiskal berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran anggaran pemerintah. Kebijakan fiskal yang dilakukan pemerintah untuk mencegah inflasi adalah dengan mengurangi pengeluaran pemerintah, meningkatkan tarif pajak, serta melakukan pinjaman. Contoh kebijakan fiscal;

a.Menaikkan jumlah pajak dan jenis pajak

b.Mewajibkan kepemilikan NPWP (nomor pokok wajib pajak)

c.Melakukan penghematan pengeluaran negara

d.Melakukan pinjaman negara, misalnya dengan mengeluarkan obligasi pemerintah

b.kebijakan moneter

Kebijakan moneter adalah segala bentuk kebijakan yang diambil pemerintah di bidang moneter (keuangan) yang tujuannya untuk menjaga kestabilan moneter agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dilakukan dengan cara meningkatkan suku bunga dan membatasi kredit. Dengan dinaikannya suku bunga maka diharapkan masyarakat lebih tertarik untuk menabungkan uang miliknya sehingga uang yang beredar di masyarakat pun makin berkurang. Contoh kebijakan moneter yaitu kebijakan diskonto, Misalnya disaat negara mengalami krisis dan tingkat inflasi sangat tinggi yang diakibatkan banyaknya uang yang beredar di masyarakat, maka pemerintah melaksanakan salah satu instrumen kebijakan moneter yaitu kebijakan diskonto, dimana pemerintah menaikkan suku bunga agar masyarakat tertarik untuk menabung dan mengurangi masyarakat yang ingin meminjam uang, dengan naiknya suku bunga maka banyak masyarakat yang menabung sehingga jumlah uang yang beredar di masyarakat akan berkurang sehingga tingkat inflasi dapat dikendalikan dengan kebijakan moneter tersebut.

c.dasar segi penawaran

dengan langkah-langkah yang dapat mengurangi biaya produksi dan menstabilkan harga seperti mengurangi pajak impor dan pajak ats bahan mentah,melakukan penetapan harga,menggalakkan pertambahan produksi,dan menggalakkan perkembangan teknologi,diharap dapat menurunkan tingkat insflasi.dengan rendahnya tingkat insflasi maka diharpkan kegiatan produksi akan bergulir lagi.perekonomian pun akan bergerak sehingga pengangguran akan terserap. Contoh dasar segi penawaran adalah;

1.untuk mengatasi Stagflasi,pemerintah menjalankan kebijakan segi penawaran-melakukan langkah langkah yang menurukan biaya produksi perusahaan (mengurangi pajak atas barang mentah/menetapkan harga barang mentah)dan menggalakkan perkembangan teknologi.

2.untuk mengatasi Inflasi,kebijakan segi penawaran agak menurun biaya pengeluaran biaya perusahaan dan menggalakkan perkembangan teknologi.

3.untuk mengatasi pengangguran,kebijakkan segi penawaran akan menaikkan kesempatan kerja dan pendapatan.





👍👍👍👍👍😁😁😁😁

SEMOGA MEMBANTU YA KAWAN
    IKUTIN TERUS BLOG SAYA....OKEEEEE😁😁😁😁😘


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jelaskan apa upaya yang dilakukan pemerintah dalam menjaga stabilitas inflasi Sertakan contoh apa yang Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari guna mendukung pemerintah"

Posting Komentar